You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Pal Sembilan

Desa Pal Sembilan

Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PAL SEMBILAN

POSYANDU BALITA

Administrator 23 November 2022 Dibaca 175 Kali

Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan. Pada Selasa (05/10/2022) kader-kader Posyandu balita Desa Pal sembilan melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Ayah II. Kegiatan ini di bagi dalam 4 pos untuk menghindari penumpukan dan antrian yang panjang yang bisa membuat balita dan anak tidak nyaman karena menunggu terlalu lama. Beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini antara lain :

1. Penimbangan balita dan anak Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik juga. Selain itu, untuk mencegah bayi dari stunting yang merupakan salah satu program pokok Kabupaten Kebumen.

2. Imunisasi Tenaga medis dari Pusksmas Ayah II selalu siap memberikan pelayanan terkait imunisasi untuk balita yang sudah terjadwal secara rutin dan berkala serta tercatat di buku KMS. Macam-macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah, BCG untuk mencegah penyakit TBC. DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus. Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan. Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).

3. Peningkatan Gizi Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita. Juga dari desa dianggarkan untuk diberikan makanan tambahan yang sudah diverifikasi ahli gizi dari Puskesmas Ayah II pada setiap bulannya. Semoga kegiatan posyandu ini akan meningkatkan kualitas kesehatan balita dan anak yang ada di desa Jintung. Sehingga akan melahirkan generasi penerus yang cerdas dan sehat.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2022 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp0 Rp3,107,358,000
0%

APBDes 2022 Pendapatan

Dana Desa
Rp0 Rp1,505,206,000
0%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp0 Rp367,398,000
0%
Alokasi Dana Desa
Rp0 Rp1,234,754,000
0%

APBDes 2022 Pembelanjaan